Proposal Kewirausahaan


PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN




Oleh:
Toehsin Ahmed Rajieb
11 800 0096




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
TAHUN 2014




BAB I

Latar Belakang Usaha
Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan usaha dengan cara membuat sendiri produk yang akan dijual akan lebih banyak kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain.
Dewasa ini dunia fashion/mode telah menyebar luas di masyarakat, khususnya para remaja. Hal itu, sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Dari kedua premis tersebut, penulis tertarik untuk melakukan kegiatan usaha yang memanfaatkan kedua kondisi tersebut. Dalam hal ini penulis menawarkan sebuah usaha yang bernama “Kaos Kreasi Ku” atau bisa disingkat K3.


Visi dan Misi
          Visi dari usaha K3 ini adalah ingin menjadikan masyarakat khususnya para remaja menjadi Pengkreasi bukan Pemilih. Jadi, masyarakat bisa mengkreasikan sendiri desain kaos sesuai kreasinya, tidak hanya memilih kaos yang sudah jadi yang ada di toko-toko kaos pada umumnya.
          K3 memiliki 3 misi, yaitu:
  •           Kreasikan Kreasimu. Maksudnya, kami akan selalu siap melayani pelanggan yang ingin berkreasi.
  •   Kreasimu Kehormatanku. Maksudnya, hasil kreasi pelanggan akan dicetak dengan tanpa mengurangi kepuasan pelanggan.
  •      Kreasimu Kemana-mana. Maksudnya, menjadikan kreasi usaha ini menjadi di kenal banyak masyarakat.


Tujuan dan Manfaat Usaha
Tujuan K3 adalah menjadikan masyarakat lebih kreatif melalui kreasinya. Sedang manfaatnya adalah mampu menciptakan lapangan kerja yang baru.





BAB II

Analisis S.W.O.T Usaha
Strength (kekuatan) :
Ø  Produk yang kami tawarkan tidak ada duanya, karena pembeli mengkreasikan produknya sendiri sesuai kreatifitas dan keinginan
Ø  Kualitas produk dapat diterima oleh pengunjung
Ø  Harga produk sangat terjangkau
Weakness (kelemahan)
Ø  Banyak competitor langsung dan tidak langsung yang bergerak dibidang yang sama
Opportunity (peluang)
Ø  Produk yang kami tawarkan tidak ada duanya, karena pembeli mengkreasikan produknya sendiri sesuai kreatifitas dan keinginan
Ø  Cara memesannya bisa dimana-mana karena bisa melalui online
Ø  Barang bisa dikirim ke pembeli
Threat (hambatan)
Ø  Kurang memiliki modal
Ø  Kurang menguasai teknologi
Ø  Manajemen yang masih baru


BAB III
 PRODUK 
berikut langkah-langkah cara pembuatan sablon pada kaos. 
1.     Alat • Screen sablon, alat pengering, gunting, mesin jahit, mesin obras, tempat alas screen sablon, pencetak screen sablon. 
2.    Bahan • Kain, gambar desain, cat sablon, benang jahit. 

Proses produksi : 
a.    Cetak gambar desain pada screen sablon, dengan cara menempelkan gambar pada screen dan siberi cairan khusu hingga merata dan diamkan beberapa jam. 
b.    Setelah cetakan jadi letakkan screen pada alas screen 
c.    Buat pola kaos pada kain kemudian gunting 
d.    Letakkan pola kain tersebut pada alas datar/papan. 
e.    Letakkan kaos tersebut dibawah screen sablon 
f.    Kemudian berilah cat sablon pada screen sesuai warna yang akan dibuat 
g.    Screen kemudian di letakkan diatas kain kaos, usahakan letaknya lurus dan pas pada kaos sesuai yang diinginkan 
h.    Setelah pas ratakan cat sablon pada screen hingga rata menyeluruh pada gambar. 
i.     Setelah rata angkat screen dan keringkan kaos 
j.     Setelah kering kemudian sablon lagi untuk tahap kedua agar lebih jelas, tebal, dan bagus 
k.    Setelah sablon tahap kedua selesai dan kering gabungkan susunan pola kaos dan dijahit. 
l.      Kaos pun jadi dengan gambar yang memuaskan. 

HARGA 
1. Ukuran M kebawah 
a. Semi katun, sablon lebih 3 warna : Rp. 47.000 
b. Semi katun, sablon kurang dari 3 warna : Rp. 42.000 
c. Katun, sablon lebih 3 warna : Rp. 50.000 
d. Katun, sablon kurang dari 3 warna : Rp. 45.000 

 2. Ukuran M keatas 
a. Semi katun, sablon lebih 3 warna : Rp. 52.000 
b. Semi katun, sablon kurang dari 3 warna : Rp. 47.000 
c. Katun, sablon lebih 3 warna : Rp. 55.000 
d. Katun, sablon kurang dari 3 warna : Rp. 50.000 


BAB IV
MODAL USAHA 
A. Variabel Cost 
1. Sewa tempat = Rp. – (Milik sendiri) 
 2. Transport = Rp. 350.000/bln 
3. Alat mesin = Rp. 2.730.000 
Jumlah = Rp. 3.080..000 

 B. Non Variabel Cost 
1. Bahan baku = Rp. 1.200.000 
2. Tenaga kerja = Rp. 1.800.000 @2 orang 
3. Listrik = Rp. 100.000/bln 
4. Air PDAM = Rp. 55.000/bln 
 Jumlah = Rp. 3.155.000 

ANALISA KEUNTUNGAN 
a.    Omzet 
24 kaos perhari. 
Biaya produksi : 24 
Rp. 45.000 / kaos è1.097.000 : 24 = 45.700

b.    Biaya Produksi 
Rp.1.097.000 Sudah termasuk bahan, listrik, tenaga kerja, transport, dan PDAM / hari 

c.    Laba Perkaos 
Laba yang diinginkan 15% 
15/100 x harga pokok perkaos 
 Rp. 7.000 è15/100 x 45.000 = 6.700

d.    Harga Jual 
1.     Harga jual perkaos 
Harga pokok perkaos + laba perkaos 
45.000 + 7.000 = Rp. 52.000 

2.    Harga jual keseluruhan 
Harga jual perkaos x 24 kaos 
52.000 x 24 = Rp. 1.248.000 

e.    Pendapatan
1.     Pendapatan 1 hari 
Hasil penjualan = Rp. 1.248.000 
Biaya produksi = Rp. 1.097.000 
Laba bersih = Rp. 151.000 

2.    Pendapatan 1 Bulan 
Hasil penjualan = Rp.37.440.000 
Biaya produksi = Rp.32.910.000 
Laba bersih = Rp. 4.530.000 

3.    Pendapatan 1 Tahun 
Hasil penjualan = Rp.449.220.000 
Biaya produksi = Rp.394.920.000 
Laba bersih = Rp. 54.360.000 

f.    BEP 
Perhitungan kembalinya modal. 
 Jumlah modal = Rp. 6.235.000 
Jumlah modal awal : laba bersih perhari 
6.235.000 : 151.000 = 41,3 
Jadi kemungkinan kembali modal kurang dari 42 hari. 


BAB VI
 PENUTUP 

A. Kesimpulan 
Kegiatan usaha kaos kreasi ku (k3) merupakan usaha yang sangat cocok bagi orang yang kreatif dan suka kesenian. Produk sablon era sekarang sangat populer bahkan banyak orang yang membutuhkan dan mencarinya. 

 B. Saran 
1.     Bangunlah suatu usaha dari nol dan jangan pernah menyerah 
2.    Sesungguhnya orang yang menekuni usaha dengan sabar, teliti, dan ulet maka usahanya akan lancar dan sukses 
3.    Jangan mengerjakan pesanan konsumen tanpa ada uang muka terlebih dahulu 
4.    Gandenglah partner bisnis dalam berusaha 

5.    Kesuksesan usaha tidak hanya dari diri kita tapi juga berkat dari Tuhan Yang Maha Esa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKNA DAN CONTOH SIKAP PANCASILA

Polarisasi Cahaya

Ekosistem dan Biosfer