Guru itu seperti remote tv


IMAJINASI DARI REMOTE TV
       
Kenapa saya memilih jurusan pendidikan guru sekolah dasar, karena menurut saya kita semua hidup dibumi ini adalah berkat seorang guru. Bisa dibilang terlahir dari seorang guru dan hidup karena guru. Oleh sebab itu saya ingin menghidupkan calon-calon guru sehingga terlahir guru-guru dimasa mendatang.
Sosok guru bukan hanya sosok yang ada didalam kelas dengan pakaiannya yang  rapi nan khas, namun sosok guru bisa menjelma oleh siapa saja dan dimana saja. dalam keluarga sosok guru bisa dilihat dari kedua orang tua, orang yang mendidik kita, orang yang membimbing kita, dan orang yang membelajarkan  kita. Seperti ibu dengan kelembutannya, dan seperti ayah dengan ketegasannya.
Imajinasi saya pun mengimajinasikan sosok remote tv dengan sosok guru. Sebuah sistem pasti memerlukan pengontrol untuk mengontrol sistem tersebut. Contohnya remote tv yang mengontrol sistem televisi dan mouse yang mengontrol sistem komputer, hal tersebut juga berlaku bagi seorang guru yakni sebagai pengontrol sistem pendidikan. Dan diharapkan juga mampu mengontrol prilaku dari obyek pendidikan dalam hal ini peserta didik.
Dalam mengontrol sistem televisi remote tv mengarahkannya dengan tombol-tombol yang ada dalam remote tersebut sesuai dengan keinginan kita. Peran seorang guru pun demikian, mengarahkan para peserta didik dengan tombol-tombol  nilai kebaikan agar prilaku peserta didik sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat.
Dalam mengontrol televisi, remote tv ternyata menggunakan suatu penghantar yang disebut sinar inframerah. Dan dalam mengontrol peserta didik pula ternyata seorang guru juga harus menggunakan suatu penghantar melalui pendekatan. Semua itu dilakukan untuk mempermudah proses belajar.
Tujuan dari remote tv sebagai pengontrol televisi adalah sebagai alat pembantu untuk mempermudah pengguna televisi. begitupun dengan seorang guru yang berfungsi membantu  mewujudkan cita-cita bangsa indonesi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pengajaran dan pendidikan yang dilakukan oleh guru.
Dalam menjalankan tugasnya remote tv memerlukan suatu kekuatan dari sebuah baterai. Semakin banyak isi baterai semakin berfungsi remote tv tersebut. Itu juga berlaku bagi seorang guru, guru memerlukan suatu kekuatan yang berupa wawasan dan pengetahuan. Semakin banyak wawasan dan pengetahuan seorang guru semakin berwibawa pula guru tersebut dimata peserta didik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKNA DAN CONTOH SIKAP PANCASILA

Polarisasi Cahaya

Ekosistem dan Biosfer