Fakta Konsep Generalisasi

Posted by Ahmed Rajieb Selasa, 07 Mei 2013 0 komentar


 Fakta Konsep Generalisasi
1. apa maksud fakta buntu?
2. sebut dan jelaskan 3 jenis konsep !
3. bagaimana cara membuat generalisasi yang baik ?
Jawab.
1. Fakta buntu adalah  tidak lebih dari apa yang tampak. mempunyai kekuatan menjelaskan yang terbatas atau buntu. (tidak bersifat umum dan tidak abstrak)
2. Konsep konjungtif, konsep disjungtif, dan konsep relasional.
Konsep konjungtif, Apabila nilai-nilai yang sesuai dan atribut-atributnya terdapat dalam sekelompok benda secara bersama-sama.
Contoh: kita mempunyai sejumlah buku Pendidikan IPS. Buku tersebut memiliki ketebalan, jumlah halaman, materi, sampul dan warnanya sama. Karena semua atribut dan nilai-nilainya sama, maka dinamakan konsep konjungtif.
Konsep Disjungtif, Apabila nilai-nilai tersebut tidak memiliki semua atribut dan nilai atribut yang sama
Contoh : buku pendidikan IPS dan buku Pendidikan IPA mempunyai perbedaan-perbedaan seperti jumlah halaman, materi, dan sampul walaupun keduanya merupakan buku bacaan ilmiah.
Konsep relasional, yaitu gabungan sekelompok benda yang atribut-atributnya mempunyai hubungan yang kita ciptakan. Tingkat konsep relasional lebih mudah dipahami dari pada konsep disjungtif.
Contoh: konsep kepadatan penduduk, Setiap kita berbicara tentang kepadatan penduduk, maka kita akan mempergunakan hubungan atau relasi. Dalam hal ini kita menghubungkan dengan sejumlah penduduk yang hidup dalam daerah per- Km2 jumlah penduduk tertentu, dan jumlah dimana mereka hidup.
3. Cara membuat generalisasi yang baik.
a.       Mengarahkan perhatian kepada berbagai pengamatan atau informasi spesifik
b.      Menemukan berbagai pola dan hubungan dalam informasi
c.       Membuat pernyataan yang menjelaskan berbagai pola dan hubungan
d.      Mengumpulkan lebih banyak contoh dan mengujinya untuk melihat jika Generalisasi berlanjut untuk membunyikan kebenaran dan merubahnya jika tidak benar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman